Kamis, 28 Juni 2012

Perkembangan Teknologi


Berbagai perkenbangan yang terjadi dalam bidang teknologi informasi dam beberapa tahun terakhir hendaknya ditanggapi bukan dengan sikap cemas. Perkembangan tersebut justru harus dilihat dari sisi positifnya sambil menyiasati berbagai kemungkinan untuk ikut memetik keuntungan dari perkembangan masyarakat, yang nantinya akan mengubah bnyak hal dalm kehidupan bermasyarakat, dari gaya hidup, kecenderungan mental, dan pandangan hidup
Oleh sebab itu, kita harus waspada terhadap berbagai pengaruh tersebut. Bukan tidak mungkin kita terperangkap dalam perubahan – perubahan tersebut dan malah sekadar menjadi “budak” teknologi. Segala sesuatu dalam hidup kemudian diperbudak teknologi, bahkan sosialisai dan interaksi denga orang lain dapat terputus. Misalnya teknologi internet dan radio digital telah melahirkan sebuah komunitas baru dunia virtual yang maya, namun nyata. Hal ini berdampak pada perubahan perilaku masyarakat yang menjadi pecandu internet. Mereka berkomunikasi di sebuah dunia lain tanpa pernah mengenal atau bertatap langsung dengan temannya di dunia tersebut.
Meskipun demikian, berbagai kenyataan tersebut hendaknya tidak dilihat dengan penuh kecemasan. Hal terpenting adalahmenumbuhklan kesadaran mengenai hal tersebut untuk kemudian mencoba mengambil sejumlah peluang yang ada dihadapan mata. Misalnya, bagaimana memanfaatkan internet atau radio digital untuk mempromosikan dan memberikan informasi mengenai Indonesia. Dengan begitu, siapa tahu kita dapat menggunakan teknolgi informasi ini untuk sesuatu yang bermanfaat bagi kita sendiri maupun orang lain disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar