Kamis, 28 Juni 2012

Lingkungan Hidup Di Ibu Kota Jakarta


Seperti yang kita ketahui lingkungan ibu kota negara kita tercinya ini yaitu Jakarta merupakan kawasan yang hrus benar – benar diperhatikan kebersihannya, karena faktanya air sungai yang ada di Jakarta sebagian besar sudah tercemar oleh sampah dan limbah pabrik. Air bawah tanah juga sudah tercemar dan air sumur di Jakarta rata – rata berkualitas rendah, nyaris tak layak dikonsumsi oleh kita. Akan tetapi karena perusahaan air bersih tidak mampu menyediakan air bersih sesuai permintaan, sebagian penduduk Jakarta bergantung pada air sumur yang keadaannya tidak layak untuk dikonsumsi.
Banyaknya perusahaan industri di Jakarta menjadi salah satu alasan langkanya air bersih di kota ini. Mereka membutuhkan air untuk kegiatan produksi dan listrik. Sebagian besar kebutuhan itu dipenuhi perusahaan daerah air minum, mengesampingkan kebutuhan air penduduk di sekitar kawasan industri.
Kita sebagi penduduk Jakarta harusnya menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan kita ini. Dengan tidak membuang sampah ke sungai, membuat penghijauan disekitar rumah kita, agar lebih mudah lagi mendapatkan air bawah tanh yang bersih dan layak untuk dikonsumsi oleh kita.
Selain itu pemerintah juga harus membuat peraturan – peraturan yang mengatur pengelolaan limbah industri untuk perusahaan industri yang berada di dekat pemukiman warga dan perusahaan juga harus mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan perusahaannya agar tercipta keadaan yang bersih, aman, dan sehat, yang nantinya akan memberikan keuntungan untuk perusahaan dan lingkungan nasyarakat disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar