Minggu, 23 Oktober 2011

Perusahaan dan Lingkungan perusahaan

1. Pengertian Perusahaan
    Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi, untuk menyediakan barang-barang dan jasa bagi masyarakat, serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.

2. Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
    Tempat  Kedudukan Perusahaan
    Tempat Kedudukan Perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.

    Letak Perusahaan
    Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya adalah :
  • Harga bahan mentah/bahan pembantu
  • Tingkat upah buruh
  • Tanah 
  • Pajak
  • Tingkat bunga
  • Biaya alat produksi tahan lama
  • Biaya atas jasa pihak ketiga
Jenis-jenis letak perusahaan :
  • Terikat keadaan alam 
  • Terikat sejarah
  • Terikat oleh pemerintah
  • Di pengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
3. Perusahaan dan Lembaga SosialTujuan Perusahaan
    a. Tujuan Perusahaan
        Tujuan utama perusahaan yaitu memberikan kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan
        Perbedaan perusahaan dengan lembaga sosial terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba , kelangsungan hidup, dan tanggungjawab sosial. Lembaga sosial lebih menitikberatkan prioritasnya pada tanggungjawab sosial (dalam hal ini laba tidak menjadi tolak ukur keberhasilan). Sebaliknya perusahaan yang berorientasi pada perolehan keuntungan, umumnya akan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan sehingga mencapai maksimum (laba merupakan tolak ukur keberhasilan).
    b. Perusahaan Sebagai Sistem
        Perusahaan adlah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu, antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun tanggungjawab sosial.
    c. Sifat Sistem Perusahaan
        Sistem prusahaan memiliki beberapa sifat berikut :
        1. Kompleks
        2. Sebagai Suatu Kesatuan/ Unit
        3. Sifatnya Beragam
        4. Sifatnya saling tergantung
        5. Sifatnya Dinamis
    d. Fungsi-fungsi Perusahaan
        1. Fungsi Operasi yaitu : Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, akuntansi, administrasi, teknologi informasi/komputasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum, dan hukum/ perundang-undangan dan humas.
       2. Fungsi Manajemen yaitu : Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
    e. Ciri-ciri Perusahaan
  • Operatif
  • Koordinatif
  • Reguler
  • Dinamis
  • Formal
  • Lokasi
  • Pelayanan Bersyarat
4. Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya  Terhadap Perusahaan
    a. Lingkungan Eksternal
        Lingkungan eksternal perusahaan adalah faktor-faktor di luar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal makro dan lingkungan eksternal mikro
      Lingkungan Eksternal Makro
      Lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha, seperti : keadaan alam, politik dan HanKam, hukum, perekonomian, pendidikan dan teknologi, sosial dan budaya, kependudukan, dan hubungan internasional.
      Lingkungan Eksternal Mikro
      Lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha, seperti : pemasok/supplier, perantara, teknologi yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, dan pasar.
   b. Linkungan Internal
       Lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi, seperti : tenaga kerja, peralatan dan mesin-mesin, permodalan, bahan mentah, dan sistem informasi & administrasi.

5.  Pendekatan dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan
Kesempatan bisnis serta bisnis itu akan selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Hubungan antar bisnis dengan lingkungan sangat erat. Perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan tersingkir dari kancah persaingan bisnis. Hubungan antar bisnis dengan dengan lingkungan kemudian ditelaah oleh para usahawan. Pada mulanya telaah dilakukan secara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa bisnisnyalah yang merupakan hal yang terpenting atau yang menduduki titik sentral sedangkan lingkungan merupakan hal sekunder yang mengelilingi bisnisnya. Pandangan tradisional tersebut sering disebut dengan yang berorientasi produsen atau “Producer Oriented Aproach”. Pandangan itu memang cocok dengan kondisi saat itu , dimana pada saat itu keadaannya disebut sebagai “seller’s market”, yang artinya produsen masih langka sehingga barang apapun yang dihasilkan akan selalu terjual.
Akan tetapi keadaan itu berubah, dimana pengusaha menjadi bertambah banyak dan masyarakat menjadi lebih selektif sehingga timbulah persaingan yang ketat diantara para pengusaha. Hanya pengusaha yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumenlah yang mampu bertahan. Keadaan ini disebut “buyer’s market” atau “pasar pembeli” yaitu keadaan dimana pembeli yang akan menentukan semuanya dan bukan bukan penjual. Dalam hal ini berlaku suatu ungkapan “pembeli adalah raja”.
Dalam hal ini siapa yang berhasil mendekati konsumen dialah yang akan bertahan dalam kancah persaingan bisnis. Pada saat seperti inilah pengusaha harus pandai melihat factor lingkungan. Jadi dalam hal ini yang merupakan factor yang sentral adalah masyarakat atau konsumen sedangkan pengusaha atau bisnisman mengelilinginya untuk melayani kebutuhan secara lebih baik sesuai dengan selera konsumen. Pandangan ini disebut “Consumer Oriented Approach” atau “pendekatan yang berorientasi konsumen”.


sumber : Pengantar Bisnis ( M. Fuad, Christine H, Nurlela, Sugiarto, Paulus Y.E.F), PT. GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA
http://p4hrul.wordpress.com/2010/10/16/perusahaan-dan-lingkungan-perusahaan/


www.gunadarma.ac.id
                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar