Minggu, 01 April 2012

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adalah wakil rakyat di pemerintahan yang mempunyai tujuan untuk mewakili rakyat di pemarintahan untuk mengajukan suara rakyat kepada pemimpinnya demi mencapai tujuan bersama. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dipilih oleh masyarakat melalui Pemilu secara langsung oleh rakyat Indonesia. Dari DPR juga masyarakat mengharapkan yang terbaik untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Mereka juga mengharapkan kenyamanan dan kesejahteraan dapat diberikan oleh pemerintah untuk mereka.
Indonesia saat ini dalam keadaan yang sangat tidak stabil, terutama masalah perekonomian nasional. Baru – baru ini kita melihat dan mendengar masalah isu kenaikan BBM sebesar 35%. Sebelumnya pemerintah juga pernah melakukan hal yang sama yaitu pada tahun 2008, pemerintah menaikan harga BBM dari Rp 2.500,- menjadi Rp 4.500,-. Pada waktu itu juga terjadi kerusuhan dimana- mana, penolakan terjadi di berbagai daerah. Saat itu pemerintah mempunyai alasan yang cukup jelas, yaitu karena adanya krisis global dan terjadi kenaikan harga minyak dunia. Indonesia pada saat itu apabila tidak menaikkan harga BBM akan mengalami krisi moneter yang cukup serius, sehingga mau tidak mau pemerintah harus menaikkan BBM dan harus menerima resiko apapun, termasuk penolakkan dimana – mana.
Pada tahun 2008, Indonesia berhasil mengatasi perekonomian nasional dalam keadaan krisis global yang terjadi di seluruh dunia. Selain itu Indonesia juga mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup bagus, yaitu sebesar 6,3% dan Indonesia merupakan saalh satu negara yang berhasil bertahan dan mengatasi krisis yang terjadi dalam keadaan yang sangat tidak menguntungkan bagi negara lain di dunia.
Pemerintah juga mepunyai banyak program untuk mengatasi kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi di Indonesia akibat krisis tersebut, yaitu dengan mengadakan BBM bersubsidi dan dari sana masyarakat bisa merasakan keuntungan dari BBM bersubsidi tersebut, yaitu dengan adanya BLT, dana BOS, PNPM Mandiri, dan yang lainnya.
Sekarang pada tahun 2012, pemerintah kembali menggembor – gemborkan kenaikan BBM sebesar 35%. Tapi sayangnya pada saat ini alasan pemerintah untuk menaikkan BBM kurang jelas. Akibatnya demo terjadi dimana – mana dan kerusuhan yang terjadi pun sangat merugikan untuk masyarakat dan negara Indonesia. Alih – alih dibicarakan kebanyakan pendemo adalah para mahasiswa yang seharusnya lebih mengerti tentang ekonomi dan ilmu pendidikan yang laiinya. Mereka banyak menjarah dan melakukan tindakan anarkis, hal tersebut biasanya dilakukan oleh orang – orang awam yang tidak begitu mengerti mengenai ekonomi secara pendidikan. Sunnguh sangat kacau keadaan Indonesia saat ini.
Kemarin tanggal 30 Maret 2012, DPR melakukan rapat Paripurna untuk membahas masalah yang terjadi pada saat ini yaitu masalah kerusuhan yang terjadi akibat isu kenaikan BBM. Rapat yang dilaksanakan pun keadaannya sangat tidak kondusif. Para anggota DPR menjalani rapat dengan tidak tertib dan bisa dibilang sama saja dengan pendemo yang ada diluar sana. Apakah itu wakil rakyat yang dijadikan panutan oleh rakyatnya dan wakil rakyat yang di percaya oleh masyarakat. Seharusnya DPR bisa memberikan contoh yang baik untuk rakyatnya. Karena mereka dipilh oleh rakyat untuk mewakili mereka dan berjuang untuk memperjuangkan hak mereka. Selain itu, mereka adalah orang – orang yang berpendidikan yang seharusnya mengerti dalam hal mengatasi keadaan yang tidak kondusif di Indonesia sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar