Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas 2

1. 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi, yaitu :
  • Kebutuhan yang tidak terbatas
  • Sumber Daya Alam yang terbatas
  • Ingin memperoleh keuntungan.  
2. Yang membedakan Perusahaan dan Lembaga Sosial, yaitu :
     Perusahaan merupakan sekumpulan individu atau kelompok yang terbentuk dalam suatu wadah dan mereka melakukan suatu usaha yang teratur untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kepentingan orang lain dan bertujuan untuk mencari laba. sedangkan Lembaga Sosial adalah wadah dari sekumpulan norma atau kaidah yang mengatur masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang bersifat khusus dan lembaga sosial tidak menghasilkan barang dan jasa serta tidak bertujuan untuk mencari laba dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.
3. Faktor yang mempengaruhi letak dan tempat Perusahaan, yaitu :
    Letak :
  •     Masyarakat sebagai konsumen
  •     Bahan baku yang di gunakan untuk memproduksi barang
  •     Sarana transportasi yang memadai
  •     Adanya pesaing dalam usaha
  •     Terdapat di pusat interaksi antara kota dan desa.
   Tempat :
  •     Keadaan lingkungan alam 
  •     Keadaan fasilitas perusahaan
  •     Barang yang di produksi sesuai dengan selera masyarakat
4. Perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha, yaitu :
       Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan luar yang memberikan pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali pasar untuk menyesuaikan arah dan strateginya terhadap lingkungannya. Lingkungan eksternal makro yang mempengaruhi kegiatan pasar/usaha meliputi kegiatan ekonomi , hukum, kependudukan, teknologi, dan sosial budaya. Contohnya, pada saat pemerintah menaikkan harga BBM , maka kegiatan pasar serta barang/jasa yang di jual menjadi naik. Sedangkan lingkungan eksternal mikro yaitu pengaruh dari luar yang langsung berpengaruh terhadap kegiatan usaha. Lingkungan mikro meliputi pelaku-pelaku aktif yang mempunyai peran dalam proses pemasaran, yaitu pemasok, pesaing, perantara dan pasar. Contohnya ketika suatu perusahaan mempunyai saingan dalam usahanya maka perusahaan tersebut harus menambah kualitas barangnya.







www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar